Sunday, October 26, 2014

Europe Winter Time

Kemaren  (26 Okt), saya bangun pagi dengan bingung. Di jam tangan menunjukkan pukul 7.25 (dan masih gelap), sementara di hp jam 6.25. Hemm..saya pikir ini pasti kerjaan #Alif mencet2 hp :p

Ketika bapake bangun, dia mengatakan kebingungan yang sama: "kenapa jam hp mundur sejam ya?"

Barulah saya ingat, bahwa hari itu tgl 26 Oktober, adalah hari dimulainya jam Winter. Jam di hp kami otomatis berubah, sementara jam tangan ya ngga otomatis.

Temen saya si Asep (Septia) yg tinggal di Austria pernah bilang, "Tat, lo dateng ke Europe persis pas jam Summer dimulai, 31 Maret". Waktu itu saya ho'oh2 aja da teu ngarti :D

Jadi karena waktu siang yang makin pendek menjelang winter (jam delapan pagi masih gelap, dan jam 6 sore udah gelap), Setiap tanggal 26 Oktober mulai jam 00.00, waktu dimundurin sejam. Salah satu alasannya sih untuk lebih menghemat energi. Buat saya ini wow banget..hihi..secara terbiasa dengan waktu yang sama sepanjang tahun di Indonesia. Setiap menjelang musim semi dan summer (akhir Maret), waktu akan dimajuin lagi sejam, sebagai penyesuaian karena siang makin panjang.

Seriusan sayah baru tau pas udah nyampe sini soal jam winter dan summer ini :D

No comments:

Post a Comment