Monday, November 3, 2014

Baca..baca..

Waktu kuliah S1 dulu, saya masuk golongan yang biasa-biasa. Rajin masuk dan dengerin (sambil ketiduran), suka nyatet tapi tetep suka motokopi catetan anak2 rajin yg duduk depan (karena sering ketiduran, catatan saya ga lengkap), suka ngerjain tugas dan ngumpulin on time (kalo batas waktu jam 12 malem, jam 9-an malem saya anter ke rumah dosennya *blm umum ngumpulin tugas lewat email), dan kalo mau ujian ya belajar cuma semalem sebelumnya :p
Tentu selama 4 tahun 10 bulan kuliah banyak buku yang direkomendasikan dosen2 untuk dibaca. Teks-teks klasik politik plus yg modern-modern juga. Buku pun saya rajin motokopi (soalnya kalo beli buku impor ga kuat mahal!). Ada satu kotak di lemari di rumah mamah di Kuningan, yang isinya buku-buku berharga itu, yang sayangnya, hampir ga pernah saya baca. Saya tau konsep dan judul buku. Saya tahu bahwa yang nulis tentang Leviathan adalah Thomas Hobbes, dan garis besarnya apa. Tapi saya GA pernah baca teks aselinya. 
Nah di awal perkuliahan S2 ini, tentu banyak teks2 yang harus saya baca. Beberapa di antaranya, saya kenal (judul dan pengarangnya) dari jaman S1. Sekarang saya nyesel...kenapa buku-buku itu dulu ga saya baca T_T
*yok mari lanjut baca Leviathan

No comments:

Post a Comment