Monday, November 10, 2014

"Bu, ngapain?"

Pagi tadi pas saya lagi baca tugas kuliah, di Alip nyamperin dan nanya:
"Bu, ngapain?"
Saya speechless pas denger anak bayi nanya bgtu :))) Ketika tersadar saya pun buru-buru jawab "Ibu lagi belajar." Ayahnya pun senyam-senyum denger percakapan kami :))
Di range umur 20-24 bulan ini, si bocah betul2 lagi mengalami language explotion. Menurut beberapa penelitian, ini memang fase normal yang terjadi pada bocah. Penelitian yang sama juga mengatakan, bahwa diumur segini udah mulai bisa dikenalin bahasa lain selain bahasa ibu.
Meskipun begitu, saya tetep ngomong pake bahasa Indonesia ke dia. Pun ayahnya. Untuk bahasa jerman dan bahasa inggris tahap awal, saya kenalkan lewat buku bacaan dan lagu-lagu. Sambil sesekali nyelipin juga lagu bahasa Sunda pastinyah :D Saya ga begitu ngotot ngajarin Jerman dan Inggris di rumah, soalnya nanti di sekolah juga pasti terasah. Cita-cita saya sih, dimanapun dia akan tinggal nanti, ga boleh lupa sama akarnya.

No comments:

Post a Comment