Tuesday, March 25, 2014

Mengatasi Anak Susah Makan

Si @AlifDipantara (16 bulan), saat ini lagi masuk fase susah makan. Ga banget-banget susah sih, tapi dia agak pemilih. Kalo makanannya rasanya standar (agak-agak plain, semacem sayur2 bikinan pembantu), dia lepeh. Tapi kalo makanannya enak (dengan standar enak orang dewasa) semacem empal gentong, soto padang, soto ayam, dia makan bisa banyak banget! Nak, kamu tau aja mana yang enak..hiks..tapi mamakmu ini kan belum bisa masak begituan T_T

Sementara itu, dari pihak advisor pengasuhan anak (mamah dan kakak Saya) keukeuh bahwa si Alif itu kurang makan, underweight, sampe-sampe disangka TBC dan disuruh tes mantoux! Padahal dari dua dokter anak di rumah sakit yang berbeda, semua mengatakan berat badan dan milestone pertumbuhan Alif masih normal. Memang tidak gemuk, tapi tinggi dan lincah.

Gambar dari sini
Sejak si mbak pergi dan tak kembali, selama dua minggu Alif dititipkan di tempat uwanya pas Saya kerja. Yah..wawlohualam lah gimana cara pengasuhan mbaknya di sana..agak pasrah karena tidak melihat alternatif solusi lain. Setelah itu, @AlifDipantara sempat ikut eninnya (mamah saya) di Kuningan selama 10 hari. Di sana, jam 6 pagi Alif dikasih bubur tajin, lanjut susu. Jam 8, sarapan biasa. Jam 10, minum susu plus cemilan. Jam 12, makan siang dll..dll. Intinya, si bocah ga pernah dibiarkan ga ngunyah. Hasilnya, pipi jadi gembil, dan berat badan nambah. Kalo si bocah ga mau makan, mamah gendong dia, makan sambil liat-liat di luar rumah. Bahkan pernah sampe 3 jam! Saya sempet protes bahwa itu nantinya akan membentuk kebiasaan makan yang salah. Tapi yang ada malah kena semprot -_-. Syulit..beda generasi, beda cara pengasuhan.

Sebenernya kalo anak menolak makan harus gimana sih? Menurut sumber bacaan, seharusnya anak dibiarkan merasa lapar, biar dia paham bahwa "kalo lapar, harus makan". Ketika kita menawari dia makan dan anak menolak, TIDAK boleh dipaksa. Lebih baik beri jeda waktu sampe dia merasa lapar, misalnya tunggu 30 menit, kemudian tawarkan lagi untuk makan. Selain itu, jangan tawari dia cemilan atau susu ketika anak menolak makan. Ini cukup berhasil saya terapkan ketika Saya pegang langsung si bocah. Makan sambil duduk ditempat pun sempat sukses diterapkan. Tapi pastinya semua buyar setelah si Alif berkelana kesana kemari.

Setelah move on ke Jerman nanti, Alif akan banyak tinggal di rumah bersama Ayahnya. Padahal ayahnya pun masih harus kerja (dari rumah). Sementara Saya harus ikut les bahasa di sprachschule seharian penuh. Meal time ini akan jadi isu penting. Pastinya di sana ga akan nemu yang jual empal gentong, bubur ayam atau soto padang T_T kalo si Alif mogok makan makanan rumah!

No comments:

Post a Comment