Saturday, May 3, 2014

Wisata Murah di Godong Ijo

Jadi, lokasi rumah kami di Depok sangat mepet Bogor. Wilayahnya masih tampak ijo-ijo dan banyak sawah *alias masih kampuang*. Selain itu, beberapa lokasi wisata edukasi lingkungan banyak tersedia dan dapat dicapai dalam waktu 15-30 menit saja. Beberapa di antaranya adalah Pertanian Organik Parung Farm dan Godong Ijo. tentang Parung Farm, udah pernah dibahas di sini. Nah, sekarang lagi pengen bahas tentang Godong Ijo.

Godong Ijo berlokasi di Jalan Raya Cinangka, Kota Depok. Jika menggunakan angkot dari Lebak Bulus bisa naik angkot 106 jurusan Lebak Bulus-Parung, dengan ongkos sekitar Rp. 6.000. Jika dari Depok, bisa menggunakan angkot 03 jurusan terminal Depok-Parung dan turun di pertigaan Bojongsari. Dari pertigaan Bojongsari, nyebrang dan ganti angkot 106 yang menuju Lebak Bulus, sekitar 10 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Lebak Bulus bisa lewat Ciputat atau Pondok Cabe. Dari pertigaan Gaplek lurus terus menuju arah Parung. Setelah pertigaan Wates, bersiap-siaplah mengawasi sebelah kanan jalan. Lokasi Godong Ijo tidak jauh dari pertigaan Wates (pertigaan yang ada pom bensin dan berbagai jenis toko).

Taman di Godong Ijo
Godong Ijo sebetulnya merupakan lokasi pembibitan dan pengembangan tanaman. Namun selain itu, Godong Ijo juga menyediakan edukasi tentang lingkungan, tanaman, binatang, dll untuk anak-anak. Di Godong Ijo terdapat green house, kolam ikan, demplot (demonstration plot) yang terdiri berbagai jenis tanaman seperti buah naga, kakao, dll, kandang iguana, kura-kura raksasa, dan taman vertikal yang katanya adalah taman vertikal pertama yang ada di Indonesia. Banyak juga taman kanak-kanak atau SD yang menjadikan Godong Ijo sebagai tujuan wisata edukasi untuk para siswanya.

Green house berisi berbagai jenis tanaman. Memiliki timer sendiri untuk penyiraman. Jangan kaget kalo ujug-ujug ada air nyembur!
Di Godong Ijo juga terdapat kolam pemancingan ikan, lengkap dengan tempat duduk-duduk untuk makan dan mancing di pinggirnya. Jika lapar, pengunjung bisa memesan makanan dari Botanical Cafe yang disediakan oleh Godong Ijo. 

Kolam ikan di depan Botanical Cafe
Masuk ke Godong Ijo sendiri GRATIS loh. Kita hanya harus membayar jika akan memancing dan tentunya jika memesan makanan dari Botanical Cafe. Untuk memancing, kita harus membayar Rp. 100.000. Sedangkan untuk harga makanan di Botanical Cafe, antara Rp 20.000-80.000. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar. Pengecualian hanya untuk anak-anak batita yang makanannya masih spesifik.

Bagong, si Kura-kura, berasal dari Seychelles, Afrika
Godong Ijo ini sangat cocok sebagai alternatif wisata edukasi untuk anak-anak mulai usia 3 tahun. Saya berkunjung kesana dua kali, yang pertama hanya dengan Alif dan ayahnya, yang kedua dengan ibu dan kakak, dan ponakan-ponakan yang saat itu berusia 3,5 tahun. Alif sendiri waktu diajak kesana belum terlalu paham, karena saat itu dia baru 9 bulan -_-. Sementara dua keponakan Saya, sangat girang melihat ikan koi besar, kura-kura raksasa, iguana, dan lain-lain. Meskipun tidak terlalu luas, tapi anak-anak bisa belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan di sana!

Si Iguana yang kesepian


Alamat Godong Ijo

Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua
Bojongsari – Depok
Jawa Barat 16517 – Indonesia
Telp: 021 – 74710678
Fax : 021 – 741-3334
E-mail: indo@godongijo.com
www.godongijo.com

No comments:

Post a Comment