Wednesday, May 14, 2014

Belajar Bahasa Jerman (lagi) #1

Mulai awal April kemarin sampai September, kerjaan saya adalah belajar bahasa Jerman di Kapito Sprachschule Muenster. Itu aja. Belum ada kuliah, karena kuliah saya akan mulai Oktober nanti. Di bulan September, saya harus ikut TEST DAF (semacem TOEFLnya bahasa Jerman).

Dulu banget waktu masih kuliah di U-En-Pe-A-De saya pernah les Jerman privat iseng-iseng sama temen yang kuliah di jurusan sastra Jerman. Ya..namanya iseng-iseng, cuma tahan 2 bulanan, terus brenti. Setelah itu, saya baru mulai belajar lagi Bahasa Jerman pas udah mutusin mau ambil beasiswanya. Itupun, cuma lewat android apps "Duolingo". Pengen les Goethe, ga ada waktu dan no hepeng. Plus saya pikir, ntar begitu nyampe Jerman juga masuk kursusnya di kelas beginner.

Singkat cerita pas hari pertama kursus, semua anak DAAD ditanya, level Bahasa Jermannya apa. Saya jawab "beginner, but not an absolute beginner". Ternyata oh ternyata..jawaban saya jadi boomerang..karena jawaban itu, saya harus ikut placement test. Sementara anak-anak yang "absolute beginner", ga perlu ikut placement test dan langsung masuk kelas beginner (A1). Parahnya, hasil tes menempatkan saya di kelas A2, yang mana ketika udah mulai belajar, saya bener-bener buta sampai pengen nangis ditempat T_T. Saya ga paham sama sekali gurunya ngomong apa, mana di kelas ga boleh sama sekali pake Inggris. Sempat dua kali saya nyoba mau pindah ke kelas A1, tapi selalu ketauan sama pihak Sprachkurs dan dinasehatin bahwa sebaiknya saya di kelas A2, karena univ saya mengharuskan mahasiswanya menyerahkan sertifikat TEST DAF. Katanya, kalo saya di kelas A1, saya ga akan mampu ngerjain soal TEST DAFnya. Saya ditawari untuk nyoba dulu di kelas A2, kalo merasa ga mampu, setelah 2 minggu boleh turun ke A1. Pihak sprachkurs pun menyarankan saya untuk ikut kelas tambahan dua kali seminggu, plus kalo merasa perlu, disarankan untuk ikut kelas homework helf sore-sore.

Foto dari sini


Akhirnya, bismillah aja lah..saya berusaha keras banget..kayaknya dobel dibanding anak-anak lain di kelas. Soalnya kalo ngga, saya cengo sorangan teu ngarti..plus gengsi laah...malu kalo keliatan bego dikelas -_- Saya minta soal latihan sebanyak-banyaknya, rajin nyatet, rajin belajar, dsb. Jam kursus yang seharusnya cuma Senin-Jumat jam 09.00-12.30, jadi ditambah kelas intensif tiap Selasa & Rabu, dari jam 13.30-15.00. Plus kalo ada grammar yang buta sama sekali, saya ikut kelas Homework Help dari jam 15.00-17.00.

Menjelang tes rutin yang dilaksanakan pada minggu ke-3 dan ke-4, saya belajar makin lebay. Bangun jam 2 pagi pas bocah masih tidur, langsung belajar grammar, ngulang-ngulang latihan, dll. Semua kerja keras mulai terlihat hasilnya di minggu ke 4. Hasil tes yang pertama nilainya lumayan baguus :D Plus jadi lebih bisa paham pelajaran-pelajaran selanjutnya. Saya mulai bisa memahami 80 % omongan guru di kelas. Kalo belanja di supermarkt, udh bisa ngomong ato nanya pake bhs jerman. Yang jadi masalah, seringkali orang yang saya tanya ngejawab cepet-cepet dikira saya ngerti -_-.

Menginjak pertengahan bulan kedua kursus, Saya masih merasa kurang banyak belajar. Kemampuan listening, speaking dan writing saya masih perlu terus diasah *yaiyalah..kalo udah jago mah ga perlu kursus lagi keles!

Sekian curhat geje dari Saya,
Tschuss!

No comments:

Post a Comment