Tuesday, February 17, 2015

Meronce sedotan untuk balita

Waktunya postingan #emak.

Ini adalah percobaan kedua alif, 27 bulan, meronce sedotan (masukkin sedotan ke dalam benang). Kegiatan murah meriah lain untuk melatih motorik halus balita. Percobaan pertama minggu lalu, saya cuma nyiapin alat dan bahannya, lalu alif dan ayahnya yang main. Hari ini saya temenin alif main sampe beres.

Alat dan bahan: sedotan warna-warni di gunting pendek-pendek, benang (saya pake benang yang ada di rumah, benang wol). Hari ini saya sekalian ajak alif mencoba menggunting sedotan sendiri. Tapi ya tangannya belum bisa menggerakkan gunting dengan benar, masih perlu dibantu.

Caranya: pertama, buat simpul di salah satu ujung. Di ujung lainnya, bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi, biar mudah dimasukkan ke dalam sedotan. Karena ga nemu lidi, ayahnya alif hanya membungkus ujung satunya dengan selotip, agar keras dan bisa dimasukkan ke dalam sedotan (soalnya pake tusuk gigi terlalu tajam dan sulit nempel di benang wol). 

Kemudian si bocah pun mulai memasukkan sedotan satu-satu ke dalam benang. Beberapa kali sempat terhenti karena dia lebih tertarik hal lain. Tapi emak keukeuh ngasih supportnya ;D

Untuk urutan warna, masih sesukanya Alif, karena dia belum bisa beneran bedain warna. Masih sering ketuker-tuker. Sampai akhirnya...jadilah si kalung (atau gelang sedotan ini).

Sebenernya kegiatan ini ga asing buat kita (saya). Waktu TK atau SD pasti pernah buat beginian..lain kali kita bikin yang lebih menantang (bocah) yuks!

No comments:

Post a Comment